WEBSITE PDI PERJUANGAN

The Pioneer of PDI Perjuangan News & The Voice of PDI Perjuangan. Website PDI Perjuangan, Blog PDI Perjuangan, Portal PDI Perjuangan, Situs PDI Perjuangan, Group PDI Perjuangan, Milis PDI Perjuangan, Mailing List PDI Perjuangan, Wiki PDI Perjuangan, Underbow PDI Perjuangan, Ormas PDI Perjuangan, Organisasi Sayap PDI Perjuangan.

My Photo
Name:
Location: NEGARA KESATUAN, REPUBLIK INDONESIA, Indonesia

admint.pdiperjuangan@googlemail.com pdi-perjuangan@zoomshare.com

Kirimkan Berita dan Foto Dari DPC/DPD Anda ke: admint.pdiperjuangan@googlemail.com atau pdi-perjuangan@zoomshare.com. Berita yang menarik akan dimuat di website ini.

Tuesday, January 09, 2007

Supported Links !

  • Kumpulan Website PDI Perjuangan
  • JOIN MAILING LIST PDI PERJUANGAN 28
  • Ketua DPR dari Pemenang Pemilu : Rakernas PDIP Gagas Revisi UU Susduk Legislatif

    PDI PERJUANGAN NEWS MEGAWATI FOR PRESIDENT 2009


    Jawa Pos, Selasa, 09 Jan 2007,
    Ketua DPR dari Pemenang Pemilu

    Rakernas PDIP Gagas Revisi UU Susduk Legislatif


    SANUR - Revisi UU Susduk Legislatif ternyata menjadi salah satu isu penting yang dibahas dalam Rakernas PDIP di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur. Selain membicarakan mekanisme pembentukan struktur kepemimpinan DPR, disinggung pula masalah kedudukan ketua MPR.

    Ketua DPP PDIP Sutradara Ginting menyarankan, struktur kepemimpinan DPR cukup disusun mengacu pada hasil perolehan suara pemilu legislatif. "Jadi, partai pemenang pemilu legislatif bisa langsung menjadi ketua DPR. Partai di posisi kedua menjadi wakil ketua dan seterusnya," kata Ginting yang juga anggota Komisi I DPR itu.

    Menurut dia, mekanisme penentuan kepemimpinan DPR yang selama ini berlaku tidak menjamin parpol pemenang pemilu memperoleh hak sewajarnya.

    Dia mencontohkan, PDIP di sebuah daerah pada pemilu legislatif lalu berhasil menjadi pemenang dengan perolehan suara sampai 40 persen. "Namun, yang menjadi ketua DPRD justru berasal dari parpol yang hanya mendapat 10 persen suara," ungkapnya.

    Ginting menilai, mekanisme tersebut juga bisa mengurangi tarik ulur politik di parlemen pada awal pembentukan kepemimpinan. "Dengan kata lain, biaya politik yang harus dikeluarkan dalam proses tersebut tidak terlalu mahal," katanya. Dinamika politik, kata dia, hanya akan terjadi di internal fraksi bersangkutan.

    Terkait dengan kepemimpinan MPR, Ginting mendukung keberadaan MPR nanti tidak lagi bersifat permanen. "Ketua MPR juga tidak perlu bersifat tetap seperti sekarang," tegasnya.

    Bahkan, dia menyatakan, pimpinan MPR dipilih ketika suatu saat MPR diperlukan untuk bersidang sesuai ketentuan konstitusi. Misalnya, ketika hendak melantik, meng-impeach presiden, dan mengamandemen konstitusi. "Jadi, tugasnya hanya memimpin sidang saat dibutuhkan," ujarnya.

    Setelah sidang selesai, kata dia, pimpinan MPR kembali menjadi anggota komisi tertentu. "Kondisi MPR seperti sekarang ini nggak usah diterusin lagi," tegasnya. (pri)

    Labels: , ,

    0 Comments:

    Post a Comment

    Links to this post:

    Create a Link

    << Home

    Subscribe to pdi-perjuangan_28
    Powered by groups.yahoo.com

    | View Show | Create Your Own

    toolbar powered by Conduit