WEBSITE PDI PERJUANGAN

The Pioneer of PDI Perjuangan News & The Voice of PDI Perjuangan. Website PDI Perjuangan, Blog PDI Perjuangan, Portal PDI Perjuangan, Situs PDI Perjuangan, Group PDI Perjuangan, Milis PDI Perjuangan, Mailing List PDI Perjuangan, Wiki PDI Perjuangan, Underbow PDI Perjuangan, Ormas PDI Perjuangan, Organisasi Sayap PDI Perjuangan.

My Photo
Name:
Location: NEGARA KESATUAN, REPUBLIK INDONESIA, Indonesia

admint.pdiperjuangan@googlemail.com pdi-perjuangan@zoomshare.com

Kirimkan Berita dan Foto Dari DPC/DPD Anda ke: admint.pdiperjuangan@googlemail.com atau pdi-perjuangan@zoomshare.com. Berita yang menarik akan dimuat di website ini.

Wednesday, December 06, 2006

Supported Links !

  • Kumpulan Website PDI Perjuangan
  • JOIN MAILING LIST PDI PERJUANGAN 28
  • PDIP Jatim Bertutur tentang Persiapan Dini Menyongsong Pilgub 2008 (2 Habis)

    PDI PERJUANGAN NEWS MEGAWATI FOR PRESIDENT 2009

    Jawa Pos, Sabtu, 02 Des 2006,

    PDIP Jatim Bertutur tentang Persiapan Dini Menyongsong Pilgub 2008 (2 Habis)

    Bukan Gawe Calon, tapi Perjuangan Partai

    Isu paling santer dalam pemilihan bakal calon gubernur dari PDIP Jatim adalah jual beli suara. Apalagi, satu di antara dua bakal calon yang tersisa adalah orang luar PDIP.

    PERTARUNGAN antara Sutjipto dan Soekarwo disebut-sebut sebagai dikotomi kader dan nonkader. Dari segi ikatan emosional dengan pengurus partai, Sutjipto jelas lebih kuat dibandingkan Soekarwo. Selain posisinya saat ini sebagai ketua DPP, Sutjipto dianggap sebagai orang yang paling berjasa membesarkan PDIP di Jatim.

    Persoalan itulah yang menjadi salah satu tantangan berat dari DPD PDIP Jatim. "Ada kader yang mengatakan, kalau DPD tidak mendukung si A, berarti sudah dibeli si B. Susah kan?" kata Ketua DPD PDIP Jatim Sirmadji saat berdiskusi dengan beberapa awak redaksi Jawa Pos di Gedung Graha Pena dua hari lalu.

    Tentu Sirmadji tidak akan pernah secara vulgar menilai siapa yang berpeluang melakukan money politics dalam pertarungan antara Sutjipto dan Soekarwo. Dia mengaku lebih suka berpikir ke depan, bagaimana caranya agar money politics bisa disingkirkan dari partainya. "Kalau ketahuan ada bakal calon yang membeli suara, langsung kami drop. Laporkan saja ke DPD kalau memang ada," katanya.

    Pihaknya juga menyadari bahwa pelaksanaan rakerdasus (rapat kerja daerah khusus) untuk pemungutan suara pada 23 Desember nanti rawan disusupi money politics. Apalagi, proses tersebut bakal melibatkan sekitar 8.000 pengurus dari PAC, DPC, dan DPD. Namun, dia mengaku sudah memiliki mekanisme pengawasan yang ketat. "Kami adakan pemantauan sampai tingkat PAC," tuturnya.

    Wakil Ketua DPD Ali Mudji menambahkan, sejak awal DPD sudah mengingatkan para calon supaya tidak mengadakan pertemuan dengan jajaran DPC dan PAC sebelum jadwal yang ditentukan. "Kalau ada calon yang melakukan pertemuan seperti itu, apalagi sampai ada bagi-bagi uang, pasti kami beri sanksi tegas," katanya. "Ingat, DPD berwenang mencoret kandidat yang terbukti melakukan money politics," tegasnya.

    Karena itu pula, DPD memfasilitasi pertemuan para calon dengan seluruh pengurus PAC dan DPC dalam forum resmi pemaparan visi-misi. Mekanisme itu sebenarnya tidak diatur secara eksplisit dalam juklak DPP. Namun, demi melaksanakan penjaringan yang bersih dan transparan, DPD membuat mekanisme tersebut.

    "Salah satu cara untuk menghindari money politics adalah menjadikan hajatan ini sebagai gawe partai. Jadi, bukan gawe calon," kata Sirmadji. "Kalau yang terjadi adalah gawe calon, partai akan jadi rusak dan pecah. Peluang money politics pun menjadi lebih besar. Jangan sampai kekuatan 25 persen suara yang diperoleh pada pemilu lalu terkoyak hanya gara-gara pilgub," imbuhnya. (oni)

    0 Comments:

    Post a Comment

    Links to this post:

    Create a Link

    << Home

    Subscribe to pdi-perjuangan_28
    Powered by groups.yahoo.com

    | View Show | Create Your Own

    toolbar powered by Conduit